Susmi @dapur_susmi

dapur_susmi

Susmi Blog Pribadi Owner of @sambalpecel_dapursusmi • bukan JAGO, hanya SUKA masak, hobi makan pgn kurus 😀 • HANYA Berbagi resep yg saya masak sehari2 😄

Susmi (@dapur_susmi) Recent Photos and Videos

  • Dah mayan lama ga post hehe
Kemarin lg mager buat belanja sayur. Tp alhamdulillahnya masih ada stok daging kurban di freezer. Bangun kesiangan habis subuh langsung kabur ke dapur buat eksekusi

DAGING MASAK KECAP @dapur_susmi

Bahan:
• 750 g daging sapi
• 5 siung bw merah iris tipis
• 3 siung bawang putih iris tipis
• 10 buah cabe rawit utuh
• 3 buah cabe merah besar potong2
• 5 buah cabe hijau besar potong2
• 3 lembar daun salam
• 1 batang serai
• 1 jempol lengkuas
• 1 jempol jahe
• air rebusan daging (aku pakai agak banyak)
• kecap manis secukupnya
• gula garam dan kaldu bubuk

Cara:
• Rebus daging, tiriskan. Lalu potong2, air rebusan jangan dibuang
• Tumis bawang merah putih, daun salam, lengkuas, jahe sampai harum
• Masukkan semua sisa bahan, didihkan lalu koreksi rasa
• Biarkan bumbu meresap -+ 5-10 menit
• matikan kompor
________________________________________

#dapursusmi #olahandaging #dagingmasakkecap #dagingkecap #osengdaging #dagingkecapdapursusmi #berbagiresep #doyancooking #doyanmasak #yummy #tasty #kumpulanresepmasak #hobimasak #dapurresep #breakfast #meat #foodlover #homecooking
  • Dah mayan lama ga post hehe Kemarin lg mager buat belanja sayur. Tp alhamdulillahnya masih ada stok daging kurban di freezer. Bangun kesiangan habis subuh langsung kabur ke dapur buat eksekusi DAGING MASAK KECAP @dapur_susmi Bahan: • 750 g daging sapi • 5 siung bw merah iris tipis • 3 siung bawang putih iris tipis • 10 buah cabe rawit utuh • 3 buah cabe merah besar potong2 • 5 buah cabe hijau besar potong2 • 3 lembar daun salam • 1 batang serai • 1 jempol lengkuas • 1 jempol jahe • air rebusan daging (aku pakai agak banyak) • kecap manis secukupnya • gula garam dan kaldu bubuk Cara: • Rebus daging, tiriskan. Lalu potong2, air rebusan jangan dibuang • Tumis bawang merah putih, daun salam, lengkuas, jahe sampai harum • Masukkan semua sisa bahan, didihkan lalu koreksi rasa • Biarkan bumbu meresap -+ 5-10 menit • matikan kompor ________________________________________ #dapursusmi #olahandaging #dagingmasakkecap #dagingkecap #osengdaging #dagingkecapdapursusmi #berbagiresep #doyancooking #doyanmasak #yummy #tasty #kumpulanresepmasak #hobimasak #dapurresep #breakfast #meat #foodlover #homecooking
  • 72 0 15 hours ago
  • Met sarapan teman2, mmm bingung mau nulis apa😂 langsung resep aja yaa

______________________________________

AYAM PANGGANG BUMBU UNGKEP ala @dapur_susmi

Bahan:
• 1 ekor ayam (750 g)
Bumbu ungkep: (Haluskan)
• 5 siung bawang putih
• 3 siung bawang merah
• 5 cm kunyit
• 4 cm jahe
• 1 butir kemiri
• 1 sdt ketumbar
• 1 sdt lada bubuk
• 3 lembar daun salam
• 3 lembar daun jeruk
• 1 batang serai
• secukupnya gula dan garam
• secukupnya air untuk menghaluskan

Cara:
• Rebus air sampai mendidih, masukkan bumbu halus dan ayam
• Biarkan -+ 20 menitan, jangan lupa balik ayam agar bumbu merata
• Setelah 20 menit, matikan kompor, tiriskan
• Panggang ayam dengan suhu 200°C, api atas bawah selama 35-45 menit. Atau bisa disesuaikan dg oven masing2 ya
• Setelah ayam matang, biarkan agak dingin 5-10
• Keluarkan dari oven, sajikaan dengan pelengkap lainnya

Video selengkapnya:
https://youtu.be/NUn0y2cX2IQ

______________________________________

#dapursusmi #ayampanggang #ayampanggangbumbuungkep #resepayampanggang #breakfast #berbagiresep #doyancooking #doyanmasak #hobimasak #dapurresep #kumpulanresepmasak #resepyummy #yummy #delish #taste #chicken #ayam #ayampanggangoven #ayampanggangdapursusmi
  • Met sarapan teman2, mmm bingung mau nulis apa😂 langsung resep aja yaa ______________________________________ AYAM PANGGANG BUMBU UNGKEP ala @dapur_susmi Bahan: • 1 ekor ayam (750 g) Bumbu ungkep: (Haluskan) • 5 siung bawang putih • 3 siung bawang merah • 5 cm kunyit • 4 cm jahe • 1 butir kemiri • 1 sdt ketumbar • 1 sdt lada bubuk • 3 lembar daun salam • 3 lembar daun jeruk • 1 batang serai • secukupnya gula dan garam • secukupnya air untuk menghaluskan Cara: • Rebus air sampai mendidih, masukkan bumbu halus dan ayam • Biarkan -+ 20 menitan, jangan lupa balik ayam agar bumbu merata • Setelah 20 menit, matikan kompor, tiriskan • Panggang ayam dengan suhu 200°C, api atas bawah selama 35-45 menit. Atau bisa disesuaikan dg oven masing2 ya • Setelah ayam matang, biarkan agak dingin 5-10 • Keluarkan dari oven, sajikaan dengan pelengkap lainnya Video selengkapnya: https://youtu.be/NUn0y2cX2IQ ______________________________________ #dapursusmi #ayampanggang #ayampanggangbumbuungkep #resepayampanggang #breakfast #berbagiresep #doyancooking #doyanmasak #hobimasak #dapurresep #kumpulanresepmasak #resepyummy #yummy #delish #taste #chicken #ayam #ayampanggangoven #ayampanggangdapursusmi
  • 97 0 1 week ago
  • Siapa yg tau ini? Yes, nama di daerahku ini adalah biji trembesi. Hayooo, jaman SD kalian suka jajan dikantin terus beli ini gak? Bentar2 yg masih bingung...
Jadi, biji trembesi bisa dimakan seperti kwaci gt. Prosesnya yaitu biji trembesi dikeluarkan dari kulitnya yg hitam itu (slide 1) lalu disangrai  sampai ada beberapa kulit yg pecah, menandakan biji trembesi sudah matang dan siap dikonsumsi. Rasanya? Enak menurutku. Siapa yg kangen kuaci ini??
•

Slide 2 adalah pohon trembesi (Samanea Saman). Lokasinya sebelah kosan 😁lg berbunga dan lagi berjatuhan bijinya. Dan sepertinya jaman now kebanyakan lebih memilih junkfood drpd #produkallah ini. Kemarin aku mulung bijinya disini mayan dapet sekresek hahaha. Tp belum sempet aku olah.
Nanti kalo sudah kuolah aku perkenalkan lagi ya sama temen2..
Sekian, salam dr biji trembesi yg terabaikan😜
___________________________________

#dapursusmi #trembesidapursusmi #bijitrembesi #pohontrembesi #samaneasaman #produkallah #jsr #jurussehatrasulullah #tree #nature #health #pohon #healthyfood #naturefood #beautiful #seeds #cemilan #zaidulakbar #menujsr
  • Siapa yg tau ini? Yes, nama di daerahku ini adalah biji trembesi. Hayooo, jaman SD kalian suka jajan dikantin terus beli ini gak? Bentar2 yg masih bingung... Jadi, biji trembesi bisa dimakan seperti kwaci gt. Prosesnya yaitu biji trembesi dikeluarkan dari kulitnya yg hitam itu (slide 1) lalu disangrai sampai ada beberapa kulit yg pecah, menandakan biji trembesi sudah matang dan siap dikonsumsi. Rasanya? Enak menurutku. Siapa yg kangen kuaci ini?? • Slide 2 adalah pohon trembesi (Samanea Saman). Lokasinya sebelah kosan 😁lg berbunga dan lagi berjatuhan bijinya. Dan sepertinya jaman now kebanyakan lebih memilih junkfood drpd #produkallah ini. Kemarin aku mulung bijinya disini mayan dapet sekresek hahaha. Tp belum sempet aku olah. Nanti kalo sudah kuolah aku perkenalkan lagi ya sama temen2.. Sekian, salam dr biji trembesi yg terabaikan😜 ___________________________________ #dapursusmi #trembesidapursusmi #bijitrembesi #pohontrembesi #samaneasaman #produkallah #jsr #jurussehatrasulullah #tree #nature #health #pohon #healthyfood #naturefood #beautiful #seeds #cemilan #zaidulakbar #menujsr
  • 115 0 2 weeks ago
  • Selamat pagi, ini belanjaan kemarin untuk seminggu kedepan. Kurang sayurnya aja,  sayur bisa beli pagi2 yg penting bumbu utama sudah lengkap hehe

Harga:
• ikan barakuda 3/4 kg 24 rb
• ikan mujaer 1,5 kg 38 rb
• bawang merah 1/4 kg 7rb
• bawang putih 1/4 kg 7rb
• cabe merah 1 ons 3rb
• cabe rawit 1/2 ons 3rb
• jeruk nipis 1/4kg 3500
• serai 3 batang 500
• jahe 1 ons 3500
• kunyit 1/4 kg 3000
• kemiri 500
• ketumbar 500
• lada bubuk 2 2000
• tomat 500
• selada 2000
• timun 2000
• ontong 4rb
• daun salam 1000
• gula merah 1/4 kg 3500
• TOTAL: 124000

#dapursusmi #belanjamingguan #dapursusmibelanjamingguan #ikanbarakuda
#sayuran #fish #daftarbelanjasayur #rempah #jsr #bawangmerah #bawangputih
  • Selamat pagi, ini belanjaan kemarin untuk seminggu kedepan. Kurang sayurnya aja, sayur bisa beli pagi2 yg penting bumbu utama sudah lengkap hehe Harga: • ikan barakuda 3/4 kg 24 rb • ikan mujaer 1,5 kg 38 rb • bawang merah 1/4 kg 7rb • bawang putih 1/4 kg 7rb • cabe merah 1 ons 3rb • cabe rawit 1/2 ons 3rb • jeruk nipis 1/4kg 3500 • serai 3 batang 500 • jahe 1 ons 3500 • kunyit 1/4 kg 3000 • kemiri 500 • ketumbar 500 • lada bubuk 2 2000 • tomat 500 • selada 2000 • timun 2000 • ontong 4rb • daun salam 1000 • gula merah 1/4 kg 3500 • TOTAL: 124000 #dapursusmi #belanjamingguan #dapursusmibelanjamingguan #ikanbarakuda #sayuran #fish #daftarbelanjasayur #rempah #jsr #bawangmerah #bawangputih
  • 135 0 2 weeks ago
  • Selamat siaaang
Ingat banget dl pas bulan puasa di Nganjuk,  hampirrr sebulan ibuku masak untuk buka puasa menunya ini. Nyebutnya sih pindang santan bumbu rujak. Kalo org2 umumnya pindang santan/kotok'an pindang.
Dan aku sama kembaran aku @ferry_susia  tiada bosan 😂, karena bagi kita ini emang enak banget. Tomat hijaunya bisa dikomb./diganti sama belimbing wuluh ya, kebetulan kemarin lagi ga nyetok.

Video lengkapnya bisa dilihat di: https://youtu.be/wP3u1mPRbpQ
Atau klik link bio 👆
________________________________

PINDANG SANTAN BUMBU RUJAK ala @dapur_susmi

Bahan:
• 16 ekor pindang uk. kecil, goreng
• 800 ml santan kental, bisa dikurangi
• 15 buah cabe rawit
• 3 buah cabe hijau besar, potong2
• 5 lembar daun jeruk
• 3 lembar daun salam
• 1 buah lengkuas, geprek
• 2 buah tomat hijau potong2
• gula, garam, kaldu bubuk secukupnya

Bumbu Halus:
• 5 siung bawang merah
• 3 siung bawang putih
• 3 buah cabe merah besar
• 5 buah cabe rawit
• 1 sdt ketumbar
• 1 butir kemiri
• 1 cm kunyit

Cara:
• Tumis bumbu halus, daun salam, jeruk,  lengkuas dan cabe. Tunggu hingga harum
• Masukkan santan, pindang, daun bawang, cabe hijau iris. Biarkan mendidih
• Masukkan gula, garam, kaldu bubuk dan tomat hijau. Koreksi rasa
• Biarkan -+ 2 menitan lalu matikan kompor
• * Nb: Biar bumbu makin meresap sempurna biarkan 2-3 jam baru disajikan

#dapursusmi #pindangbumburujak #pindangsantanbumburujak #reseppindangsantan #pindangsantan #olahanpindang #ikanpindang #berbagiresep #doyanmasak #doyancooking #resepyummy #yummy #tasty #dapurresep #hobimasak #foodgasm #foodstagram #fishrecipe #fish #pindangbumburujakdapursusmi
  • Selamat siaaang Ingat banget dl pas bulan puasa di Nganjuk, hampirrr sebulan ibuku masak untuk buka puasa menunya ini. Nyebutnya sih pindang santan bumbu rujak. Kalo org2 umumnya pindang santan/kotok'an pindang. Dan aku sama kembaran aku @ferry_susia tiada bosan 😂, karena bagi kita ini emang enak banget. Tomat hijaunya bisa dikomb./diganti sama belimbing wuluh ya, kebetulan kemarin lagi ga nyetok. Video lengkapnya bisa dilihat di: https://youtu.be/wP3u1mPRbpQ Atau klik link bio 👆 ________________________________ PINDANG SANTAN BUMBU RUJAK ala @dapur_susmi Bahan: • 16 ekor pindang uk. kecil, goreng • 800 ml santan kental, bisa dikurangi • 15 buah cabe rawit • 3 buah cabe hijau besar, potong2 • 5 lembar daun jeruk • 3 lembar daun salam • 1 buah lengkuas, geprek • 2 buah tomat hijau potong2 • gula, garam, kaldu bubuk secukupnya Bumbu Halus: • 5 siung bawang merah • 3 siung bawang putih • 3 buah cabe merah besar • 5 buah cabe rawit • 1 sdt ketumbar • 1 butir kemiri • 1 cm kunyit Cara: • Tumis bumbu halus, daun salam, jeruk, lengkuas dan cabe. Tunggu hingga harum • Masukkan santan, pindang, daun bawang, cabe hijau iris. Biarkan mendidih • Masukkan gula, garam, kaldu bubuk dan tomat hijau. Koreksi rasa • Biarkan -+ 2 menitan lalu matikan kompor • * Nb: Biar bumbu makin meresap sempurna biarkan 2-3 jam baru disajikan #dapursusmi #pindangbumburujak #pindangsantanbumburujak #reseppindangsantan #pindangsantan #olahanpindang #ikanpindang #berbagiresep #doyanmasak #doyancooking #resepyummy #yummy #tasty #dapurresep #hobimasak #foodgasm #foodstagram #fishrecipe #fish #pindangbumburujakdapursusmi
  • 199 0 3 weeks ago
  • Met makan siang

BAKSO URAT ala @dapur_susmi

Bahan:
• 1 kg daging sapi berurat
• 250 g tepung tapioka
• 75 g bawang putih (silakan kalo mau dikurangi)
• 50 g bawang merah, goreng
• 5 sdt garam
• 2 sdt kaldu sapi bubuk
• 2 butir telur
• 2 sdt peres lada bubuk
• 2,5 sdt peres baking powder
• 15 kotak es batu + 100 ml air dingin (ato bisa pakai air dingin semuanya)

Cara:
• Haluskan semua bahan kecuali tepung tapioka dg food processor, kalo misal kapasitas FP nya kecil bisa sedikit2 harus sabar yaa 😁
• Setelah semua tercampur rata, masukkan tepung tapioka. Uleni lg sampai rata
• Bungkus /tutup adonan, simpan di freezer selama -+ 1jam lalu keluarkan
• Rebus 3 lt air sampai mendidih, matikan kompor
• Bentuk adonan bulat2, masukkan ke air yg sudah direbus tadi, lakukan sampai habis
• Rebus kembali sampai mendidih dan mengapung, biarkan -+3 menitan
• Matikan kompor
• Sajikan dg kuah bakso dan pelengkapnya, sisanya bisa disimpan di freezer

Mudah2an bisa dimengerti ya, jika masih kurang paham bisa tonton video selengkapnya di https://youtu.be/7LslNBbLCNg
Atau klik link di BIO👆

________________________________________

#dapursusmi #bakso #baksourat #baksodapursusmi #resepbaksourat #baksouratsapi #baksokasar #meatball #meatballs #meatballrecipe #resepbakso #olahandaging #berbagiresep #doyanmasak #doyancooking #hobimasak #indonesianfood #kuliner  #kumpulanresepmasak #yummy #tasty #delish #homecooking
  • Met makan siang BAKSO URAT ala @dapur_susmi Bahan: • 1 kg daging sapi berurat • 250 g tepung tapioka • 75 g bawang putih (silakan kalo mau dikurangi) • 50 g bawang merah, goreng • 5 sdt garam • 2 sdt kaldu sapi bubuk • 2 butir telur • 2 sdt peres lada bubuk • 2,5 sdt peres baking powder • 15 kotak es batu + 100 ml air dingin (ato bisa pakai air dingin semuanya) Cara: • Haluskan semua bahan kecuali tepung tapioka dg food processor, kalo misal kapasitas FP nya kecil bisa sedikit2 harus sabar yaa 😁 • Setelah semua tercampur rata, masukkan tepung tapioka. Uleni lg sampai rata • Bungkus /tutup adonan, simpan di freezer selama -+ 1jam lalu keluarkan • Rebus 3 lt air sampai mendidih, matikan kompor • Bentuk adonan bulat2, masukkan ke air yg sudah direbus tadi, lakukan sampai habis • Rebus kembali sampai mendidih dan mengapung, biarkan -+3 menitan • Matikan kompor • Sajikan dg kuah bakso dan pelengkapnya, sisanya bisa disimpan di freezer Mudah2an bisa dimengerti ya, jika masih kurang paham bisa tonton video selengkapnya di https://youtu.be/7LslNBbLCNg Atau klik link di BIO👆 ________________________________________ #dapursusmi #bakso #baksourat #baksodapursusmi #resepbaksourat #baksouratsapi #baksokasar #meatball #meatballs #meatballrecipe #resepbakso #olahandaging #berbagiresep #doyanmasak #doyancooking #hobimasak #indonesianfood #kuliner #kumpulanresepmasak #yummy #tasty #delish #homecooking
  • 123 0 3 weeks ago